Cara Menggunakan Cloudflare Pada Website

Apa itu CloudFlare?
CloudFlare adalah sebuah CDN (Content Delivery Network) yang memiliki fitur lebih baik dari standar CDN yang ditawarkan. Ada banyak keuntungan dan juga beberapa kerugian dari CloudFlare. CloudFlare adalah sebuah CDN yang berada ditengah-tengah antara nama domain dan web hosting. CloudFlare menyediakan keamanan tambahan untuk serangan DDoS, selain juga merupakan sumber cache statis yang membuat website dapat dimuat lebih cepat.
Apa keuntungan dan kerugian menggunakan CloudFlare? Bagaimana saya bisa mengaktifkan CloudFlare di shared hosting atau VPS? Itulah mungkin beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para blogger atau webmaster. Pada artikel ini, kita akan membahas semuanya tentang CloudFlare.

Bagaimana memberikan custom domain dengan blogger melalui CloudFlare?

CloudFlare adalah layanan gratis, dengan paket premium untuk situs dengan traffic tinggi. Hal ini memberikan kemampuan untuk mengubah web hosting tanpa harus menunggu propagasi name server. Misalnya, katakanlah kita memiliki situs denga host “A” dan ingin bermigrasi ke host “B”. Kita dapat melakukan migrasi dalam beberapa menit jika menggunakan CloudFlare. Tapi jika tidak menggunakan CloudFlare, proses migrasi mungkin dapat memakan banyak waktu. CloudFlare memiliki banyak data center di seluruh dunia, sehingga pengunjung akan dilayani oleh data center yang terdekat dengan mereka.

Keuntungan menggunakan CloudFlare

  • Menyembunyikan IP address asli dari web hosting sehingga hacker tidak dapat menyerang server.
  • Membuat cache situs sehingga sumber daya untuk memuat situs lebih cepat dan mengurangi beban server.
  • Memberikan perlindungan terhadap semua serangan DDoS dengan mengubah keamanan keamanan situs.
  • Jika situs down, CloudFlare akan terus melayani cached data sampai situs up kembali.
  • Jika registrar tidak memberikan pilihan untuk menambahkan DNS records, kita dapat menggunakan nameservers dari CloudFlare dan menambahkan host DNS records disana.
  • CloudFlare menawarkan layanan gratis dan memungkinkan kita untuk menambahkan beberapa domain sekaligus.
  • Kita dapat memblok akses situs dari daerah atau negara tertentu, jika menerima banyak serangan dari negara-negara tertentu.
  • Memberikan SSL gratis, yang dapat juga digunakan pada shared host.

Kerugian menggunakan CloudFlare

  • Karena CloudFlare bertindak sebagai man-in-the-middle, jika CloudFlare down, situs juga akan down, bahkan jika web hosting up.
  • CloudFlare memungkinkan kita untuk mengubah keamanan website menjadi “I am under attack” mode, yang memblok semua upaya serangan DDoS. Tapi juuga memblok semua robot, yang merupakan kerugian bagi sebagian orang.

Bagaimana mengaktifkan CLoudFlare pada shared hosting atau VPS?

Kunjungi website cloudflare.com dan daftar disana, gratis. Tambahkan domain kita dan secara otomatis CloudFlare akan mendeteksi nameserver dan IP address dari host yang kita gunakan saat ini. Cukup pilih pengaturan keamanan dan cache yang diinginkan dan klik next. Setelah semua proses dilakukan, copy nameserver yang diberikan CloudFlare dan masukkan ke registrar domain kita.

Mendaftar di Cloudflare

Salah satu langkah yang harus Anda lakukan untuk menggunakan cloudflare adalah mendaftarkan diri di layanan cloudflare. Untuk melakukan hal ini sangatlah mudah dan hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 5 (lima) menit.
Silakan mengakses halaman cloudflare pada www.cloudflare.com dan kemudian pilih menu Sign up pada bagian atas:
Menggunakan Cloudflare - singup link
Setelah itu Anda akan diminta melengkapi form pendaftaran cloudflare. Lengkapi form tersebut dan pastikan email Anda telah benar agar cloudflare dapat mengirimkan konfirmasi ke email Anda.
Cara Menggunakan Cloudflare - form pendaftaran cloudflare
Setelah itu pastikan cek email Anda dan kemudian klik link konfirmasi dari cloudflare untuk mengaktfikan dan selesai. Anda telah berhasil mendaftarkan ke cloudflare.

Menambahkan Domain ke Cloudflare

Agar domain atau website dapat menggunakan cloudflare maka Anda perlu menambahkan domain tersebut ke cloudflare. Untuk menambahkannya, silakan pilih menu Add Site dibagian atas:
Tambahkan Domain Cloudflare
Masukkan domain Anda dan kemudian klik tombol Begin Scan. Anda tidak perlu menambahkan www. Misalnya, jika website Anda adalah www.idsysadmin.com maka Anda cukup memasukkan idsysadmin.com
Scan Domain Cloudflare
Sistem cloudflare akan melakukan scan DNS yang ada pada domain Anda. Proses ini akan membutuhkan waktu hingga 1 (satu) menit. Setelah proses scan selesai, silakan klik Continue Setup.
lanjutkan setup
Daftar DNS record domain Anda akan ditampilkan termasuk subdomain di dalamnya. Dalam kasus ini, Anda dapat mengaktifkan subdomain Anda ke cloudflare dengan meng-klik logo awan atau menonaktifkannya. MX record tidak akan pernah dapat diarahkan ke cloudflare
Aktifkan cloudflare
Anda dapat menambahkan record DNS Anda jika ada yang ingin ditambahkan melalui menu Add Record. Setelah selesai, silakan klik Continue untuk melanjutkan.
Tambahkan Record
Tips: Menambahkan Record DNS juga dapat dilakukan setelah proses semuanya selesai atau dilain waktu melalui menu yang sama.
Selanjutnya Anda akan diarahkan ke paket-paket cloudflare. Silakan pilih Free Website dan kemudian klik Continue
Pilih paket cloudflare
Selanjutnya, Anda akan diberikan nameserver cloudflare seperti berikut:
ines.ns.cloudflare.com
lynn.ns.cloudflare.com
nameserver cloudflare
Selanjutnya Anda harus mengupdate nameserver cloudflare yang diberikan tersebut ke tempat Anda membeli domain.

Cara Update Nameserver Domain

Setiap layanan memiliki menu yang berbeda-beda untuk melakukan update nameserver. Namun, untuk di Niagahoster maka Anda dapat melakukannya dengan login di member area dan pilih menu Nameserver. Masukkan nameserver cloudflare tersebut dan pilih update:
update nameserver
Jika Anda kesulitan menemukan halaman update nameserver tersebut maka kami menyarankan agar Anda menghubungi layanan penyedia atau tempat anda membeli domain untuk dapat mengubahnya.

Selesai. Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menunggu maksimal 24 jam (umumnya hanya butuh beberapa menit) agar domain Anda mengarah ke cloudflare.
Secara default cloudflare akan meggunakan CDN Only dan mengatur security di profle Anda ke Medium. Anda dapat mengatur atau mengubahnya kapan saja melalui member area cloudflare.
Selesai, dengan begitu domain atau website Anda telah mengarah ke cloudflare dan mendapatkan keuntungan perlindungan cloudflare.
Kesimpulan
CloudFlare adalah layanan yang powerful yang menyediakan tingkat keamanan dan redundansi yang sangat baik dan gratis.

0 Response to "Cara Menggunakan Cloudflare Pada Website"

Post a Comment

Safelink + Slot Iklan atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Safelink + Slot Iklan bawah Artikel